Kamis, 18 Oktober 2018

Kandungan Isi Surah Al - Mulk

MUQADDIMAH



Surat Al-Mulk terdiri atas 30 ayat, termasuk golongan surat Makkiyyah. Nama "Al-Mulk" diambil dari ayat pertama surat ini yang artinya Kerajaan atau Kekuasaan. Surat ini dinamai pula dengan "Tabaarak" yang artinya Mahasuci.

Pokok - pokok isi surah : 

1. Hidup dan mati ujian bagi manusia

2. Allah menciptakan langit berlapis - lapis dan semua ciptaan-Nya mempunyai keseimbangan 

3. Perintah Allah untuk memperhatikan isi dan alam semesta

4. Azab yang diancamkan kepada orang - orang kafir

5. Janji Allah kepada orang - orang mu'min

6. Allah menjadikan bumi sedemikian rupa hingga mudah bagi manusia untuk mencari rezeki

7. Peringatan Allah kepada manusia tentang sedikitnya mereka yang bersyukur kepada ni'mat Allah.

Keutamaan surah Al-Mulk :

Abu Hurairah r.a. mengatakan bahwa Rasulullah SAW bersabda, " Dalam Al-Qur'an ada satu surah yang mempunyai tiga puluh ayat yang akan memberikan syafaat kepada seseorang sampai dosa-dosanya diampuni. Surah itu adalah tabarakallazi biyadihil mulk (surah Al-Mulk)" HR Abu Dawud dan At tirmizi, dikatakan bahwa hadits ini hasan). (An Nawawi, Riyadus Salihin, 1016: 295)

Asbabun Nuzul :

QS Al-Mulk, 67 : 13

Diriwayatkan dari Ibnu Abbas bahwasannya ayat ini turun berkenaan dengan kaum musyrik yang mencaci Rasulullah dan Allah menyingkapkan cacian mereka melalui Malaikat Jibril. Melihat hal itu, sebagian orang musyrik lainnya mengatakan agar merahasiakan cacian mereka. Maka dari itu, turunlah ayat ini.

Kisah inspriatif :


Diceritakan ada seorang wanita soleha yg meninggal dunia. 
Maka tiap kali penduduk desa menziarah kuburnya, mereka tercium harumnya mawar dari dalam kubur tersebut. Kemudian suaminya menjelaskan bahwa isterinya ketika masih hidup selalu membaca surah Al-Mulk terutama setiap kali sebelum tidur.. Sesungguhnya surat Al-Mulk itu menyelamatkan kita semua dari siksa kubur.

Wallahua'lam bishshawab

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Contoh Kerajinan dari Bambu

Cara Membuat Bingkai dari Bambu Kali ini saya akan memberitahukan bagaimana cara membuat bingkai atau figura yang lebih klasik Alat dan...